Teknologi

Cara Mudah Upload Aplikasi di Play Store

Sebagai pengguna smartphone dan perangkat gadget lainnya pasti tidak asing lagi dengan yang namanya aplikasi. Tidak hanya menggunakannya saja, Anda juga dapat menciptakan sendiri. Berkat kecanggihan teknologi sekarang, memberikan kemudahan untuk berkarya membuat app untuk kemudian diunggah ke Play Store, sebagai toko aplikasi Android.

Langkah Unggah App ke Play Store

Google Play Store menjadi tempat memperoleh ragam aplikasi. Ada berbagai jenis kategori yang bisa dipilih, seperti chatting, game, media sosial, perbankan, editing, dan masih banyak lagi. Sebagai developer, Anda dapat menciptakan app sendiri kemudian unggah ke Google Play Store. Ikuti tahapan-tahapan lengkapnya seperti di bawah ini.

Daftar/Masuk ke Akun

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mendaftar ke akun Google Play Console. Setelah itu, pilih opsi bahasa tersedia pada tulisan ‘Default Language’ untuk Bahasa Indonesia. Selanjutnya, klik tombol ‘Upload APK’ untuk unggah file app Anda. Jangan lupa untuk menyiapkan berkas keystore. Ini berguna untuk melakukan update atau pembaruan.

Siapkan Gambar

Untuk memasukkan gambar, terdapat tiga tahapan yang harus Anda lakukan. Pertama, persiapkan sekitar 8 gambar. Selain itu, siapkan tangkapan layar/screenshot untuk menarik perhatian calon pengguna nantinya. Setelah itu, ikon aplikasinya mempunyai ukuran 512 x 512 piksel. Kemudian, masukkan juga banner dengan ukuran 1024 x 512 piksel.

Isikan Data-Data

Ada sejumlah data yang harus diisikan setelah upload APK. APP Release berisikan informasi tentang poin penting atau deskripsi singkat. Setelah itu. isikan store listing dimana berkaitan dengan tampilan dan informasi detail tentang aplikasinya. Data Content Rating diisi dengan memasukkan email dengan memilih soal-soal tersedia. Terakhir, data pricing and distribution.

Publish

Langkah akhir adalah publish. Ini adalah tahapan meluncurkan aplikasi yang telah dibuat. Caranya adalah pada menu App Release klik tombol Review. Setelah itu, pilih Start Rollout to Production. Lakukan konfirmasi setelahnya. Jika sudah berhasil, maka app tersebut akan tampil serta dapat diunduh melalui Play Store. Dengan begitu, prosesnya selesai.

Itu dia sebuah metode pengunggahan aplikasi Android. Dengan adanya teknologi yang canggih, Anda tidak hanya bisa menggunakan saja, tetapi menjadi bagian dari developer atau pengembang.

Leave a Reply

Your email address will not be published.